-->

Cara memperbaiki RAM (Memori) Laptop atau Komputer yang Error atau rusak


Random Access Memory atau yang biasa kita sebut dengan ram adalah suatu perangkat alat keras hardware yang berada di sistem komputer atau laptop kita. lalu apakah RAM bisa di perbaiki? nah, semua itu tergantung bagaimana ciri-ciri kerusakannya sendiri, Memang Ram atau memori laptop atau komputer itu sering mengalami kerusakan, namun apabila kerusakan bukan terjadi pada modul atau ic dari ram tersebut, Kita bisa memperbaikinya dan kemungkinan masih bisa digunakan kembali dengan baik.

Sebelum kita dapat lebih cermat dalam menganalisa kerusakan memori RAM, sebaiknya kita mengetahui gejala atau akibat yang ditimbulkan ketika ram pada laptop atau komputer (PC) kita tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, memang memori ram sering terjadi kerusakan apabila kita menggunakan melebihi batasnya dan ataupun pengunaan arus listrik yang tidak stabil atau sering mati listrik nya. Memori Ram pc atau laptop mempunyai nilai kapasitas tersendiri yang dapat dibaca oleh processor, Sehingga dalam membeli atau mengupgrade ram, sebaiknya tidak melebihi batas maksimal RAM tersebut, jika kamu akan mengupgrade ram sebaiknya juga membaca buku manual dari laptop atau motherboard kamu terlebih dahulu.

Ada beberapa ciri ciri yang bisa kita lihat ketika ram laptop atau koputer mengalami kerusakan,, biasanya yang paling sering itu saat menyalakan komputer dan terjadilah blackscreen atau bluescreen of death (BSOD) tidak bisa booting dengan sempurna. hal ini terjadi karena memori ram tidak dapat membaca file atau data aplikasi yang sedang di proses pada sistem motherboard yang akan ditampilkan pada layar utama atau output.


Penyebab Memori Ram laptop atau komputer rusak

1. Memori RAM laptop atau komputer Kotor
pin atau yang disebut kaki-kaki penghubung antara ram dan motherboard pada laptop atau komputer rentan terhadap debu. debu yang menempel akan mengakibatkan tersumbatnya aliran listrik yang mengaliri ram, sebagai barang elektronik kotor adalah suatu kewajaran yang terjadi dikarenakan penggunaan itu sendiri dan apabila barang elektronik itu kotor maka performa nya juga akan turun. Untuk mengatasi masalah ini kamu dapat membersihkan pin atau kaki-kaki ram dengan penghapus Pensil (staedler) dengan cara menggosoknya di bagian pin itu saja. lalu jangan lupa bersihakan bekas stip atau penghapus setelah digosok

2. Penggunaan yang memaksakan dari spesifikasi yang tertera di laptop atau komputer kamu
kalo ini juga sering karena kebutuhan juga akan hausnya spesifikasi komputer dengan software jaman sekarang yang super canggih dan memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi. tidak heran, banyak sekali kerusakan yang terjadi akibat ini atau yang bisa disebut Overclocking. Solusi, atur settingan di bios mungkin salah memasukkan nominal saat overclock sehingga komputer tidak mau menyala. atau bisa kamu jumper pin pada motherboard sesuai motherboard kamu.



3. Penggunaan yang 24 jam terus menerus
yang ini sering juga terjadi karena ram tidak bisa istirahat dan terjadilah kerusakan di ic ram nya karena durability dari ram tersebut rendah bisa juga terjadi kerusakan pada ic atau modul ram nya.

4. Overheat atau terlalu panas
inilah penyebab dari kerusakan Ram. biasanya pengguna bermain game secara terus menerus dan ataupun menggunakan untuk kerja berat seperti membuat video di adobe premier secara yang saya ketahui bahwa adobe premier ataupun software editing video dan foto lainnya memerlukan kapasitas ram yang besar biasanya minimal 4gb ram itupun dirasa masih terasa lag atau lemot. Solusi, jangan memaksakan ram sesuai spesifikasi nya karena hal itu hanya akan membuat kamu menyesal karena ram tersebut bisa mati karena overheat.

5. Mematikan laptop atau komputer secara paksa
yang satu ini sering terjadi karena banyaknya task manager yang berjalan di latar belakang nah karena itu si pengguna sendiri langsung men-shutdown komputer mereka. cara ini menurut saya salah karena data yang tersimpan di ram akan langsung hilang dan dapat menurunkan Read write cache pada ram yang berakibat menurunnya performa komputer atau laptop itu sendiri dan bisa merusak hardware lain contohnya, hardisk. kenapa? saat komputer atau laptop menyala hdd menyimpan data saat itulah jika dimatikan secara paksa piringan dari hardisk tersebut akan tergores dan lama kelamaan akan timbul bad sector. Solusi, kurangilah tindakan ini karena hanya akan membuat komputer atau laptop kamu rusak dengan cepat.


Cara memperbaiki Memori ram laptop atau komputer yang rusak

1. Bersihkan apabila ram kotor dengan eraser atau penghapus (staedler), cara ini sudah saya coba dan hasilnya bisa dinyalakan kembali. Cara ini masih tergolong aman tidak merusak modul ic memori ram.

2. Semisal kamu punya RAM DDR 3 2666 Mhz lalu kamu pasangkan ke Slot yang hanya sampai DDR 3 2400 Mhz nah disini cuman akan terjadi penurunan clock dari RAM tersebut. lalu jika DDR pada ram itu beda semisal DDR 3 kamu pasang di DDR 4 nah ini gabisa jalan soalnya terdapat perbedaan pada kaki-kaki pin ram

3. Cek terlebih dahulu slot RAM pada motherboard Laptop atau pun Komputer kamu apakah terbalik dalam pemasangan? kalau tidak coba cek kaki-kaki pada ram apakah ada yang patah? jika iya maka kamu balik dulu jika salah penempatan ram nya.

4. Apakah ada penggunaan yg melebihi spesifikasi dari komputer / laptop kamu? dan, jika iya mungkin ini salah satu penyebab RAM kamu error atau mati.

5.  Cara terakhir, sebenarnya tidak saya sarankan karena cara ini 50:50 persen tingkat keberhasilannya. yaitu dengan cara di cuci dengan detergen rinso lalu bilas sampai bersih dengan air lalu keringkan dan dipanaskan dengan blower / pengering rambut jangan di atas api karena akan merusak ic modul ram nya. jika sudah kamu pastikan sudah kering dan tidak ada air lalu coba masukkan ram ke slotnya apakah bisa? jika bisa kamu termasuk orang yang beruntung.

6. apabila sudah pada tahap 5 masih belum juga bisa, maka kemungkinan modul memori ram kamu sudah rusak, dan alternatifnya adalah beli baru.


Demikian cara memperbaiki memori ram laptop atau komputer yang error atau rusak, Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semuanya.

0 Response to "Cara memperbaiki RAM (Memori) Laptop atau Komputer yang Error atau rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel